Game Berbasis Jaringan dan Konsep Artificial Intelegent || Tugas III

Game Berbasis Jaringan

Pengenalan Game Berbasis Jaringan 

   Game berbasis jaringan adalah game yang untuk memainkannya kita membutuhkan jaringan baik melalui jaringan lokal maupun internet. Game berbasis jaringan bersifat multiplayer dimana kita dapat memainkan game ini secara bersama - sama baik dalam jumlah 2 orang atau lebih, dengan syarat seluruh pemainnya harus tersambung dengan jarngan yang ada. Dalam game berbasis jaringan ada 2 jenis, yaitu :
  • Network Game
   Network game merupakan game yang berbasis jaring yang dimainkan dengan jaringan lokal. Para pemain dalam game ini akan dihubungkan dengan koneksi kabel langsung ke switch / hub atau router nirkbel.
  • Online Game
   Online Game merupakan game yang dimainkannya dengan menggunkan koneksi internet. Koneksi dibuat tidak secara langsung dengan pemain lain di jaringan anda, melainkan koneksi akan dialihkan ke server host terlebih dahulu. Lalu server host tersebutlah yang akan menampung dan menghubungkan para pemainnya.

  Perbedaan kedua jenis ini adalah pada koneksi internet. Dimana pada network game, game tidak membutuhkan koneksi internet. Namun untuk menghubungkan pemainnya biasa menggunakan jaringan lokal seperti kabel lan atau koneksi lokal lainnya. Sedangkan game online membutuhkan jaringan internet namun kita dapat terhubung dengan semua pemain yang satu server dengan kita.

Contoh Game Berbasis Jaringan

1. Point Blank

 

Point Blank merupakan salah satu game MMO FPS terpopuler di Indonesia. Dikembangkan oleh Zepetto, pengembang asal Korea Selatan, game ini sudah ada di Indonesia sejak 2009. Point Blank pertama kali masuk Indonesia melalui publisher Gemscool, sampai akhirnya pada tahun 2015 lallu diambil alih oleh publisher kenamaan se-asia tenggara, Garena. Point Blank sendiri mengusung kisah pergelutan kelompok teroris dengan sekelompok pasukan khusus anti-teroris dan pertama kali dirilis di Korsel pada tahun 2008. Point blank sendiri merupakan game online yang untuk platform desktop.

Point blank memiliki beberapa mode, yaitu ada bomb mission, deathmatch, mode destroy dan mode eliminate. Point Blank menggunakan sistem level dalam bentuk pangkat. Untuk meningkatkan level, kamu bisa mengumpulkan experience dengan memenangkan permainan atau menyelesaikan Daily Quest. Kenaikan pangkat dapat memberi beberapa skill pasif yang bisa dipilih dan digunakan. Beberapa contoh skill pasif seperti, mempercepat reload time senjata, atau menambah kecepatan lari karakter. Point Blank memang gratis untuk dimainkan, namun sayangnya Point Blank menggunakan konsep freemium dalam permainannya. Dalam Point Blank ada dua jenis mata uang, ada Points sebagai mata uang virtual dan Cash sebagai mata uang premium yang bisa didapatkan dengan membeli sebuah voucher. Baik Points ataupun Cash bisa digunakan untuk membeli perlengkapan perangmu.

2. Brawl Stars 

 

  Brawl Stars adalah game mobile buatan Supercell yang merupakan developer game mobile terkenal seperti Clash of Clans dan Clash Royale. Brawl Stars ini sendiri sebetulnya sudah diluncurkan pada Juni 2017 lalu, tetapi hanya untuk Denmark, Finlandia, dan Norwegia saja. Pada Desember 2018 Brawl Stars baru diluncurkan secara global. Brawl star sendiri mengusung sistem battle royale, dimana kamu akan ditempatkan di suatu arena berisikan beberapa pemain yang akan saling menyerang.
  Sama seperti pendahulunya Clash Royale dan Clash of Clans, Brawl Stras jugan menggunakan sistem level dan tropi. Untuk heroesnya memiliki 6 tipe kelangkaan, yaitu League Rewards, Rare, Super Rare, Epic, Mythic, dan Legendary. Ketika pertama kali diluncurkan, terdapat 21 Brawler yang bisa dikoleksi dan diperoleh melalui Brawl Boxes. Brawl Boxes ini diperoleh menggunakan gems ataupun 10 buah star keys yang diperoleh melalui pertandingan. Brawl Stars memiliki 8 mode permainan, yaitu Bounty, Brawl Ball, Gem Grab, Heist, Showdown, Duo Showdown, Robo Rumble, dan Boss Fight. Brawl Stars sendiri merupakan game online yang bergerak di platform mobile.

Artificial Intelligence

 

Pengertian AI

Berbagai definisi diungkapkan oleh para ahli untuk dapat memberi gambaran mengenai kecerdasan buatan beberapa diantaranya:
  • Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas (H. A. Simon [1987]).
  • Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. (Rich and Knight [1991]).
  • Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. (Encyclopedia Britannica).

Jenis AI


Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  • Robotika & Sistem Sensor.
  • Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
  • Game Playing.
  • Soft Computing merupakan sebuah inovasi dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan. 

Penerapan AI pada Game

  Pada game tugas AI akan dibagi menjadi tiga bagian: gerakan, keputusan pembuatan, dan strategi. Dua bagian pertama berisi algoritma yang bekerja berdasarkan karakter-demi-karakter, dan bagian terakhir beroperasi pada seluruh tim atau sisi. Sekitar tiga AI ini elemen adalah seluruh rangkaian infrastruktur tambahan.
  • Movement 
  Gerakan (Movement) mengacu pada algoritma yang mengubah keputusan menjadi semacam gerakan. Saat menjadi musuh karakter tanpa senjata perlu menyerang pemain di Super Mario Sunshine [Nintendo Entertainment, Analysis and Development, 2002], pertama-tama langsung menuju pemain. Ketika sudah dekat cukup, sebenarnya bisa melakukan penyerangan. Keputusan untuk menyerang dilakukan oleh seperangkat gerakan algoritma yang digunakan di lokasi pemain. Hanya dengan begitu animasi serangan dapat dimainkan dan kesehatan pemain habis. 
  • Decision Making 
   Pengambilan keputusan ( Decision Making ) melibatkan karakter yang menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Biasanya, setiap karakter memiliki serangkaian perilaku berbeda yang bisa mereka pilih untuk dilakukan: menyerang, berdiri diam, bersembunyi, penjelajahan, patroli, dan sebagainya. Sistem pengambilan keputusan perlu menentukan yang mana dari semua ini perilaku adalah yang paling tepat di setiap saat permainan. Perilaku yang dipilih kemudian bisa dieksekusi menggunakan gerakan AI dan teknologi animasi. 
  • Strategy 
   Strategi mengacu pada pendekatan keseluruhan yang digunakan oleh sekelompok karakter. Dalam kategori ini adalah algoritma AI yang tidak mengontrol hanya satu karakter, tetapi memengaruhi perilaku dari seluruh rangkaian karakter. Setiap karakter dalam grup dapat (dan biasanya akan) memiliki karakter mereka sendiri algoritma pengambilan keputusan dan pergerakan, tetapi secara keseluruhan pengambilan keputusan mereka akan dipengaruhi oleh strategi kelompok.
 

Contoh Game yang Menerapkan AI

Titanfall 2

 

Titanfall 2 adalah game FPS (First Player Shooter) yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronics Arts. Titangall 2 sendiri merupakan kelanjutan dari cerita pertamanya, yaitu Titanfall. Walaupun titanfall 2 merupakan game multiplayer namun game ini memiliki mode game campign. Pada mode ini kita akan berman secara ofline dan mengikuti cerita yang ada. Dimana penerapan AI nya? Untuk penerapan AI sendiri terdapat pada musuh  musuh dari si pemeran utama. Dimana musuh tersebut dapat mengejar menyerang dan bertahan dari serangan kita. Titanfall sendriri memiliki 4 tingkat kesulitan, yaitu easy, regular, hard, dan master dimana pada level master tingkat kesulitannya sangat sulit.

Left 4 Dead 2


Left 4 Dead 2 adalah game FPS yang diliris oleh Valve pada tahun 2009. Game ini mengusung cerita tentang 4 orang yang harus berjuang untuk bartahan dari serangan zombie, dimana 4 orang ini harus saling bekerja sama. Game ini sendiri merupakan kelanjutan dari sekuel sebelumnya yaitu Left 4 dead. Sama seperti game titanfall, game ini juga bisa dimainkan secara online(multiplayer) dan juga secara offline. Game ini sendiri menerapkan AI pada zombie yang melakukan pengejaran terhapan si pemain. Selain itu dalam game ini juga ada zombie dengan kekuatan spesial yang bisa dibilang bosnya mereka. Berikut ini jenis zombie spesial tersebut
  • Smoker, adalah zombie yang akan menjulurkan lidahnya untuk mengikat mangsa.
  • Bomber, adalah tipe zombie yang dapat mengeluarkan cairan sehingga menghilangkan pandangan pemain.
  • Tank, mungkin zombie paling kuat dalam game ini, dapat melemparkan mobil bahkan sampai menghancurkan bangunan.
  • Hunter, adalah zombie yang bergerak cepat dan dapat memukul pemain hingga terpental jauh
  • Witch, satu-satunya zombie yang tidak akan menyerang selama tidak disilaukan cahaya atau terganggu dengan suara letusan senjata. Tetapi pemain harus ekstra hati-hati dengan Witch, pasalnya dia bisa saja menewaskan pemain hanya dengan sekali pukul.
Daftar Pustaka :

Kemish, Trent. 2016. What's the difference between "network game" and "online game"?. [ Online ].  Tersedia : https://www.quora.com/Whats-the-difference-between-network-game-and-online-game [ 11 Mei 2019 ].
Hung, Deny. 2018. Brawl Stars, Game Battle Royale Terbaru dan Seru Buatan Supercell.[ Online ]. Tersedia : https://www.idntimes.com/tech/games/deny-hung/brawl-stars-game-battle-royale-terbaru-dan-seru-buatan-supercell-c1c2-1/full + [ 11 Mei 201 9].
DG, Redaksi. 2016. Review Point Blank, FPS Kawakan di Indonesia!. [ Online ]. Tersedia : https://duniagames.co.id/news/84-review-point-blank-fps-kawakan-di-indonesia [ 11 Mei 2019 ].
Millington, Ian and John Funge. 2009. Artificial Inteligences for Games. Burlington : Elsevier, Inc.
Purmanailuswp. 2015. Pengertian Artificial Intelligence ( Kecerdasan Buatan). [ Online ]. Tersedia : http://web.if.unila.ac.id/purmanailuswp/2015/09/13/pengertian-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/ [11 Mei 2019 ].
Eno. 2009. Left 4 Dead, Empat Melawan Zombie. [Online]. Tersedia : https://inet.detik.com/games-features/d-1081002/left-4-dead-empat-melawan-zombie [ 11 Mei 2019 ].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java