Tugas JARKOMLAN || Membuat Streaming Server


TUGAS KELOMPOK
JARINGAN KOMPUTER LANJUT
“Streaming Server”

 
Anggota:
Alvino Arya Ramadhan (50416662)
Fakhri Wicaksono (52416584)
Kristiyanto Halim (53416958)
Tegar Kamarulzaman (57416336)
Wibowo Bayu Aji (57416618)

PROGRAM STUDI
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan aplikasi layanan multimedia saat ini menggabungkan komunikasi video dan audio, media streaming merupakan salah satu dari layanan multimedia tersebut. Sebuah teknologi yang memungkinkan distribusi data audio, video, dan multimedia secara real-time melalui internet.
Dalam penulisan ini penulis bekerja dalam tim untuk membuat jaringan layanan multimedia sebagai salah satu syarat penilaian pada mata pelajaran ‘Jaringan Komputer Lanjut’. Jaringan layanan multimedia yang ingin dibuat oleh tim penulis adalah layanan media streaming yang diberi nama ‘Streaming Server’.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam penulisan ini seperti :
1.     Apa yang dimaksud dengan multimedia streaming?
2.     Bagaimana cara pembuatan streaming server?
1.3  Tujuan
Tujuan dalam pembahasan penulisan ini, yang berdasarkan rumusan masalah di atas, untuk membahas hal-hal yang sesuai dengan permasalahan yang diajukan antara lain :
1.     Mengetahui pengertian multimedia streaming.
2.     Membuat streaming server.


BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1  Multimedia Streaming
Multimedia Streaming adalah transmisi data real time (audio, video, graphic,image, serta text) dari sender ke receiver. Model pengiriman Multimedia Streaming terbagi 2 yaitu:  Live, dimana server meng-capture dan encode serta mengirim stream secara real time dan Pre Recorded / On Demand, dimana server melakukan pre-encoded dan menyimpan content lalu mengirimkan pada client saat ada permintaan. Client dapat meng-interupt pengiriman file content tersebut. Mobile Streaming adalah pengaksesan konten streaming dari terminal dengan kapabilitas packet-switched dan streaming media player software melalui jaringan komunikasi.
2.2  Streaming
Streaming menggunakan protokol RTSP (Real Time Streaming Protocol) yang memungkinkan dialog 2 arah antara web server dengan komputer pengakses. Protokol RTSP akan melihat software atau player apa yang sesuai untuk memainkan file. Demikian pula protokol ini akan melihat bandwidth yang sedang digunakan dan memutuskan seberapa besar kualitas audio-video yang akan diberikan pada pengakses. Tentu kualitas ini disesuaikan dengan bandwidth yang sedang digunakan. Di dalam streaming, pengakses tidak bisa menyalin atau mengambil file tersebut ke dalam komputernya.
2.3  Wordpress for Developer
WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu. WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Terdapat juga paket WordPress hosting yang menawarkan kelebihan dalam kecepatan, performa, dan keandalan website.
2.4  MySql
MySQL merupakan database engine atau server database yang mendukung bahasa database pencarian SQL. MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread, multi-user. SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah dan cepat secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya.
2.5  XAMPP
XAMPP adalah perangkat lunak (free software) bebas, yang mendukung untuk banyak sistem operasi, yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.
2.6  Ngrok
Ngrok adalah proxy server untuk membuat / membuka jaringan private melalui NAT atau firewall untuk menghubungkan localhost ke internet dengan tunnel yang aman.


BAB 3
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
3.1  Gambaran Umum Aplikasi
Aplikasi ini dibuat untuk melakukan implementasi dalam pembelajaran mengenai media streaming. Aplikasi ini dapat diakses pada seluruh platform selama device terhubung dengan internet dan server dalam keadaan hidup.
Aplikasi ini memiliki 2 fitur utama, dimana fitur utama tersebut adalah streaming video dan streaming audio. Pada server, pengguna dapat memutar video maupun audio yang telah diupload di server kami. Video dan music yang ditampilkan pada server memiliki kualitas yang baik.
3.2  Pembuatan Aplikasi
Dalam pembuatan aplikasi ini membutuhkan beberapa perangkat lunak yang harus dilakukan instalasi. Perangakat lunak tersebut adalah XAMPP, NGROK dan Wordpress for Developer.
3.2.1     Langkah Instalasi XAMPP
Instalasi XAMPP diperlukan untuk memulai pembuatan aplikasi, karena pada aplikasi yang akan kita buat membutuhkan apache server dan sql server sebagai database yang terdapat pada XAMPP.
1.     Buka Website resmi XAMPP untuk mengunduh setup XAMPP. Lalu setelah selesai diunduh kita buka aplikasi setup XAMPP untuk melakukan instalasi XAMPP.
Gambar 3.1 Setup XAMPP
2.     Setelah itu pilih komponen apa saja yang ingin kita install pada XAMPP.
Gambar 3.2 Pemilihan Komponen XAMPP
3.     Pilihlah folder untuk lokasi file instalasi XAMPP disimpan.
Gambar 3.3 Pemilihan Folder XAMPP
4.     Proses instalasi sedang berjalan, tunggu instalasi selesai lalu klik next.
Gambar 3.4 Instalasi XAMPP
5.     Instalasi XAMPP telah sukses, klik finish untuk menyelesaikan tahapan instalasi.
Gambar 3.5 Finish Setup XAMPP

3.2.2     Langkah Instalasi Wordpress for Developer
           Instaslasi Wordpress diperlukan untuk pembuatan aplikasi, karena pembuatan aplkasi kami akan menggunakan Wordpress for Developer yang dapat dicustomisasi sesuai keinginan.
1.     Buka website http://wordpress.org/download/ untuk mengunduh wordpress.
Gambar 3.6 Download WordPress
2.     Setelah diunduh extract dan beri nama streaming pada folder hasil extract kemudian letakan file tersebut pada direktori “C:\xampp\htdocs”. Lalu jalankan XAMPP dan aktifkan apache dan mysql.
Gambar 3.7  Setting XAMPP
3.     Setelah itu kita akses locahost/streaming pada browser maka akan muncul tampilan untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan.
Gambar 3.8 Pilih bahasa
4.     Lalu akan muncul halaman utama wordpress. Pada halaman ini wordpress akan memberi tahu database dan komponen apa saja yang diperlukan untuk membuat website pada wordpress.
Gambar 3.9  Halaman Utama WordPress
5.     Kita buka localhost/phpmyadmin/ untuk membuat database yang diperlukan pada wordpress. Database ini berfungsi untuk menampung music dan video yang akan diupload ke server.
Gambar 3.10 Membuat Database
6.     Setelah database dibuat dan telah terhubung dengan wordpress maka kita akan melakukan instalasi.
Gambar 3.11 Instalasi WordPress
7.     Sebelum melakukan instalasi kita akan melakukan setting pada website yang akan kita buat dengan memasukkan nama website kita, lalu username dan password, serta alamat email kita. Lalu kita install wordpress dengan menekan tombol yang berada dibawah.

Gambar 3.12 Setting Website pada Wordpress
8.     Wordpress telah berhasil diinstal.
Gambar 3.13 Instalasi WordPress Sukses

3.2.3     Melakukan Ujicoba pada Website Streaming Server
           Setelah wordpress berhasil diinstall, langkah selanjutnya adalah melakukan ujicoba (Penulis beranggapan para pembaca sudah mengerti cara mendesain dan mengupload video dan audio pada wordpress). Ujicoba dilakukan dengan cara user mengakses streaming server menggunakan url dari ngrok agar dapat diakses melalui internet, berikut ini merupakan langkah-langkah nya :
1.   Buka cmd lalu arahkan kearah file ngrok.exe disimpan kemudian ketikan ngrok.exe http 80.
Gambar 3.14 Mengakses Ngrok
2.     Setelah diketikan maka ngrok akan berjalan, ketikan url dari ngrok pada address bar browser diikuti dengan “/namafolder” maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar 3.15 URL Ngrok
3.     Setelah itu akseslah “dda9b876.ngrok.io/streaming” maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar 3.16 Tampilan Halaman Awal
Gambar 3.17 Tampilan Halaman Posts


BAB 4
PENUTUP
  4.1   Kesimpulan
Berdasarkan pada penjelasan diatas penulis berhasil membuat streaming server berbasis website dengan menggunakan wordpress for developer, ngrok dan xampp. Streaming server yang dibuat telah berjalan dengan baik tanpa ada masalah dan video streaming dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dari pembuatan streaming server yang dilakukan oleh kelompok kami dapat disimpulkan perbedaan streaming server yang kelompok kami buat dengan streaming server lainya adalah terdapat 2 layanan streaming yaitu video dan audio, dimana streaming server yang lainya hanya bisa streaming video saja.
  4.2   Saran
Website streaming server ini masih sederhana dengan beberapa fitur saja yang tersedia,. Oleh karena itu saran pengembangan website ini adalah dengan menambahkan fitur-fitur baru lainnya agar memiliki banyak fungsi yang bisa membuat streaming server menjadi lebih baik.



Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java