Tugas PKM 1 | Komputasi Modern dan Penerapannya


Pengertian Komputasi Modern
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Sedangkan komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
  • Akurasi
  • Kecepatan
  • Problem Volume Besar
  • Modelling
  • Kompleksitas


Jenis Komputasi Modern
1.     Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2.     Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, di distibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
3.     Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Contoh Web yang Menerapkan Komputasi Modern
1.     Ruangguru
Bidang                              : Pendidikan
Jenis Komputasi Modern : Cloud Computing & Mobile Computing





Ruangguru atau PT Ruang Raya Indonesia adalah perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang berfokus pada pendidikan. Ruangguru menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel. Perusahaan ini didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman pada April 2017 dan telah memiliki 15 juta pengguna hingga tahun 2019.
Penarapan teknologi cloud pada ruangguru digunakan untuk menyimpan seluruh video dan materi pembelajarannya dalam suatu server, sehingga para pengguna yang telah berlangganan dengan ruangguru dapat mengakses video dan materi pembelajaran. Sebelum mengakses ruangguru pengguna diwajibkan membuat akun dan mebayar paket pembelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan pengguan serta durasi paket langganan. Setelah membayar dan berlangganan maka pengguna dapat menikmati fitur yang ada pada ruangguru.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari ruangguru :
·       Memiliki ratusan ribu latihan soal dan pembahasan
·       Live teaching
·       Memiliki Puluhan Ribu Video Belajar beranimasi
2.     Quiper
Bidang                              : Pendidikan
Jenis Komputasi Modern  : Cloud Computing


Quipper adalah perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran daring. Dirintis pada tahun 2010 di London, Inggris oleh Fumihiro Yamaguchi. Saat ini Quipper telah beroperasi di 4 negara yaitu Jepang, Indonesia, Filipina dan Meksiko.
Pada awalnya, layanan utama perusahaan adalah Learning Management System (LMS) yang beroperasi secara berbeda di negara bersangkutan. Layanan terus berkembang dengan menyediakan fasilitas bimbingan belajar, tutor online hingga info masuk perguruan tinggi.
Penerapan teknologi cloud pada quipper hampir sama dengan penerapan teknologi cloud pada ruangguru. Saat pengguna menggunakan quipper, penguna harus membuat akun terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam website quipper, setelah itu membeli paket pilihan yang telah disediankan oleh quipper untuk mengakses pembelajaran dalam quipper.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan quipper :
·       Quipper Video
Quipper Video menyediakan solusi belajar online untuk siswa SMP & SMA dengan akses terhadap ribuan video pembelajaran seru yang disertai latihan soal & pembahasan. Video pembelajaran dilengkapi materi persiapan UN dan SBMPTN. Terdapat pula Quipper Video Masterclass untuk tutor bimbingan belajar secara online.
·       Quipper School
Merupakan layanan Learning Management System (LMS) yang bisa diakses secara gratis oleh siswa dan guru. Menyediakan fasilitas unggah materi belajar dan tugas.
·       Quipper Campus
Portal informasi untuk para calon mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan seputar kampus dan jurusannya secara lengkap.

Sumber :
·       https://oolish.blog.uns.ac.id/komputasi/
·       https://diidy378.wixsite.com/softskill/single-post/2017/06/01/Komputasi-Modern-Sejarah-Komputasi-Modern
·       https://bimbel.ruangguru.com/
·       https://www.quipper.com/id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java