Tugas PKM 2 | Contoh Perusahaan yang Menerapkan Cloud Computing

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Cloud Computing
1.     Tokopedia
Tokopedia adalah mall online yang memungkinkan penjual untuk membuka toko nya dan melakukan penjualan dengan mudah tanpa harus memikirkan sewa toko dan bayar gaji pegawai. Mengedepankan keamanan transaksi, Tokopedia menawarkan sebuah pengalaman jual beli online yang aman, mudah dan nyaman. Tokopedia didirikan para 17 Agustus 2009 oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison yang didanai pertama kali oleh PT. Dwitama. Setelah mulai menancapkan kaki di Indonesia, perlahan Tokopedia mendapatkan suntikan dana sebesar USD 100 juta oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital. Tokopedia mernerapkan cloud computing dengan jenis Software as a Service (SaaS). SaaS merupakan layanan cloud yang menyediakan dalam bentuk perangkat lunak.
Tokopedia sendiri menyediakan pasar yang memungkinkan para penjual dan pembeli dapat bertransaksi secara online. Produk yang disediakanpun beragam mulai dari kebutuhan rumah tangga, pakaian, tiket kereta hingga tagihan listrik dll. Sasarang pasar tokopedia adalah para pengguna situs belanja online serta orang – orang yang menginginkan cara praktis untuk berbelanja.

2.     Quiper
Quipper adalah perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran daring. Dirintis pada tahun 2010 di London, Inggris oleh Fumihiro Yamaguchi. Saat ini Quipper telah beroperasi di 4 negara yaitu Jepang, Indonesia, Filipina dan Meksiko. Quiper juga menerapkan Sofware as a Service (SaaS) seperti tokopedia. Untuk sasaran pasar dari quiper sendiri adalah para pelajar.
Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan quipper :
·       Quipper Video
Quipper Video menyediakan solusi belajar online untuk siswa SMP & SMA dengan akses terhadap ribuan video pembelajaran seru yang disertai latihan soal & pembahasan. Video pembelajaran dilengkapi materi persiapan UN dan SBMPTN. Terdapat pula Quipper Video Masterclass untuk tutor bimbingan belajar secara online.
·       Quipper School
Merupakan layanan Learning Management System (LMS) yang bisa diakses secara gratis oleh siswa dan guru. Menyediakan fasilitas unggah materi belajar dan tugas.
·       Quipper Campus
Portal informasi untuk para calon mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan seputar kampus dan jurusannya secara lengkap.


Sumber :
·       https://www.quipper.com/id/
·       https://www.tokopedia.com/about/
·       https://www.infomudah.com/info-mudah/apa-itu-tokopedia-dan-apa-saja-fitur-di-dalamnya/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java