Mengenal Pengertian dan Sejarah Web

Hasil gambar untuk web  


 Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai Web atau yang sering dikenal WWW, mungkin istilah ini sering kali didengar oleh orang - orang yang senang berselancar di internet. Namun apakah kalian tahu pengertian dan sejarah terbentuknya WWW ( World Wide Web). Berikut adalah penjelasan singkat dari saya.

Apa itu Web ?
   
     WWW (World wide web) atau web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser, dimana browser sendiri merupakan sebuah perangkat lunak untuk mengakses halaman - halaman web.

     Web sendiri merupakan sebuah bagian daripada internet, teknologi web merupakan teknologi yang cukup baru dibandingkan dengan teknologi surat elektronik yang telah di temukan pada tahun 1960-an. Web juga merupakan fasilitas yang paling banyak digunakan di internet, hampir 80% transaksi di internet dilakukan melalui media website. Untuk menyajikan informasi dalam web biasanya di gunakan bahasa semi pemrograman HTML (HyperText Markup Languange), dan kemudian ditingkatkan fungsinya dengan menyisipkan kode - kode bahasa pemrograman untuk web, seperti PHP, ASP, JSP dan lain - lain, sehingga mampu menampilkan informasi yang lebih interaktif dan dinamis serta terhubung dengan database.

Istilah dalam Web

   Beberapa istilah dapat kita jumpai saat kita sedang membuka web, yang mungkin belum kita ketahui arti dari istilah tersebut. Berikut ini akan saya jelaskan secara singkat arti dari istilah - istilah yang berhubungan dengan web, yaitu :
  • WWW 
     WWW adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah browser.
  • Halaman Web ( Web Page)
     Web page adalah sekelompok informasi yang tampil pada www, informasi ditampilkan berdasarkan sebuah URL (Uniform Resouce Locator).
  • URL
     URL adalah alamat lengkap dari sebuah informasi yang ada di internet yang dapat diakses melalui browser.
  • Situs Web ( Website )

    Website adalah kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari dua atau lebih halaman web.
  • Homepage
    Hompage adalah halaman awal sebuah website yang diakses berdasarkan domainnya.
  • Domain
    Domain adalah nama unik yang dimiliki oleh setiap website untuk memudahkan pengguna dalam mengingat sebuah website.


Sejarah Web

   Sejarah penemuan WWW atau Web berawal ketika Timothy Berners-Lee bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel milik Eropa di tahun 1980. Saat itu dia hanya bekerja sementara selama 6 bulan sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Pada saat itu Tim ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data - data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya agar dapat bekerja lebih efisien. 

    Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat  proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World wide web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet. Selama rentang tahun 1991 hingga 1993, Tim Berners-Lee terus berupaya memperbaiki web agar tampil lebik baik lagi.  Ia membuat kemajuan yang besar dalam perkembangan web, dengan menciptakan perancangan halaman web, mwmbuat browser, server, dan kunci protokol untuk Internet, serta membuat alaman URL dan penggunaan HTTP dan pengkodean HTML. Hingga pada tahun 1994, Ia bergabung dengan laboratorium komputer Massachussets Institute of Technology sebagai direktur konsorsium world wide web (W3C), dimana konsorsium ini mengkoordinir perkembangan web di seluruh dunia. Atas jasanya itu, Berners-Lee disebut sebagai Bapak world wide web.

Sumber :
  • Yuhefizar (2008). 10 Jam Menguasai Internet, Teknologi & Aplikasinya. Elex Media Komputindo.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
  • http://www.pintarkomputer.org/2015/10/pengertian-web-sejarah-web-dan-cara-kerja-web.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java