Fungsi Cloud Computing

  Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal cloud computing, maka kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan cloud computing dan mengetahui fungsi cloud computing. Berikut pembahasannya.
Hasil gambar untuk cloud computing

Fungsi Cloud Computing

1. Biaya

Cloud computing menghapus biaya untuk pembelian perangkat keras dan perangkat lunak, biaya pemasangan dan pemeliharaan server (data center), biaya listrik untuk daya dan pendinginan server, dan biaya para ahli IT untuk mengelolah infrastruktur.

2. Kecepatan

Kebanyakan layanan cloud computing yang ada bersifat self service (pelanggan memilih sendiri layanan yang mereka butuhkan dan membayar sesuai layanan yang dipilih), sehingga bahkan sumber daya komputasi dalam jumlah besar dapat ditetapkan hanya dalam beberapa menit (biasanya hanya dengan beberapa klik) dan memberi bisnis banyak fleksibilitas.

3. Skala Global

Manfaat dari layanan cloud computing mencakup kemampuan untuk menimbang secara elastis. Dalam bahasa cloud, berarti memberi jumlah sumber daya IT yang tepat (misalnya, banyak sedikitnya daya komputasi, storage dan bandwidth), dan dari lokasi geografis yang tepat.

4. Produktifitas

Di lokasi data center biasanya memerlukan banyak “racking dan stacking”. Misalnya mengatur hardware, software patching, dan tugas-tugas manajemen IT lainnya yang membutuhkan waktu. Cloud computing menghilangkan kebutuhan untuk tugas-tugas ini, sehingga tim IT dapat meluangkan waktu lebih banyak pada pencapaian tujuan bisnis yang lebih penting.

5. Performa

Layanan cloud computing terbesar berjalan pada jaringan internasional data center yang aman, yang secara teratur di-upgrade ke hardware komputer generasi terbaru yang lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, cloud computing menawarkan beberapa keuntungan yang lebih dari data center perusahaan tunggal.

6. Keandalan

Cloud computing membuat backup data, pemulihan data yang rusak, kelangsungan bisnis lebih mudah dan lebih murah, karena data dapat ditampilkan di beberapa situs sekaligus pada jaringan penyedia cloud.


Sumber :

  • Jamil, Mohamad, Rosihan, Achmad Fuad. 2016. Buku ajar cloud computing. Yogyakarta : Deepublish.
  • http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html/amp
  • https://www.jejakwaktu.com/cloud-computing/
  • http://www.mandalamaya.com/manfaat-cloud-computing/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java