Pengenalan Bisnis Informatika dan Profil Electronic Arts Inc.

  Pada postingan kali ini, saya akan menjeskan mengenai bisnis informatika serta contoh perusahaan yang bergerak di bidang infomatika. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengenalan Bisnis Informatika


Definisi Bisnis
  Menurut Raymond E. Glos dalam bukunya "Business Its Nature and Environment: An Introductio", Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang - orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.[6]

Jenis Bisnis

Bisnis berdasarkan jenis kegiatannya, dibagi menjadi 4 macam, yaitu [4]: 

a. Bisnis Agraris

   Bisnis agraris adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain sebagainya. Misalnya seperti, ikan, sapi, kambing, dan lain sebagainya.

b. Bisnis Ekstraktif

   Bisnis ekstraktif adalah kegiatan bisnis yang dilakukan di bidang pertambangan, yaitu dengan cara menggali atau mengeruk bahan-bahan tambang yang dimiliki oleh perut bumi. Contoh bahan tambangnya adalah: batu bara, besi, emas, intan, tembaga, minyak, gas bumi, dan lain sebagainya.

c. Bisnis Jasa

   Bisnis jasa adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan di bidang jasa yang menghasilkan atau menciptakan suatu produk yang tidak tampak atau tidak berbentuk. Misalnya seperti, pariwisata, jasa asuransi, pendidikan, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya.

d. Bisnis Industri

   Bisnis industri adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan di bidang industri manufacturing. Misalnya seperti, industri tekstil, pesawat terbang, rokok, kertas, garmen, dan lain – lain.

Sedangkan berdasarkan jenis kegunaannya, bisnis dibagi menjadi 4 macam, yaitu [4]:

a. Form Utility (Kegunaan bentuk)

   Form utility adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang melakukan perubahan dan mengolah suatu benda menjadi bentuk yang berbeda dari bentuk sebelumnya sehingga dapat memiliki manfaat yang lebih untuk masyarakat. Misalnya seperti, bisnis meubel, roti, pakaian, dan lain sebagainya.

b. Place Utility (Kegunaan tempat)

  Place utility adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang melakukan pemindahan sesuatu benda dari satu tempat ke tempat lainnya yang dapat memiliki manfaat lebih dan bergerak di dalam bidang transportasi. Misalnya seperti, angkutan barang, angkutan manusia, laut, darat, udara, dan lain sebagainya.

c. Time Utility (Kegunaan waktu)

   Time utility adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang melakukan usahanya dengan menyimpan barang dengan tujuan jika barang yang dikeluarakan kurang memiliki manfaat untuk konsumen maka barang tersebut akan disimpan, dan akan dikeluarkan kembali jika barang tersebut sudah memiliki manfaat untuk para konsumennya. Misalnya seperti, pergudangan di pelabuhan, bulog, dan lain sebagainya.

d. Possession Utility (Kegunaan pemilikan)

  Possession utility adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang melakukan usaha bisnisnya untuk menciptakan atau menghasilkan dan memenuhi kegunaan terhadap barang atau jasa yang dimilikinya. Misalnya seperti, perdagangan, pertokoan dan lain sebagainya.

Tujuan Bisnis

  Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah pastinya untuk memperoleh dan mendapatkan laba atau keuntungan dari barang atau jasa yang diproduksi yang dibutuhkan oleh masyarakat[4].

Manfaat Bisnis
  • Kesempatan Menjadi BOS bagi diri sendri
  • Melatih diri sendiri untuk menjadi lebih mandiri
  • Dapat mengatur waktu anda sendiri
  • Mampu membuka lapangan pekerjaan
  • Mampu menolong orang lain dengan memberikan pekerjaan
  • Memiliki masa depan yang lebih cerah

Definisi TIK

   TIK adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kebudayaan. Pemanfaatan tenologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, seperti pemanfaatan komputer dan jaringan computer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan Komputer.[2]

Manfaat TIK

Berikut ini adalah manfaat dari TIK [3]:
1. Media untuk bertukar informasi

   Dengan adanya TIK setiap orang dapat lebih mudah mengakses informasi bahkan dalam genggaman dengan menggunakan fasilitas internet dalam handphone maupun komputer. Para pengguna internet juga dapat saling bertukar informasi dan semakin memperdalam ilmu pengetahuannya masing – masing dimanapun dan kapan pun.

2. Sarana komunikasi

   Sebagai makhluk sosial manusia pastinya memerlukan interaksi atau komunikasi satu sama lainnya. Sebelumnya untuk menjalin interaksi kita masih menggunakan media surat dan menggunakan jasa tukang pos namun saat ini dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti menggunakan email, telepon atau bahkan dengan media sosial yang saat ini menjadi tren tersendiri.

3. Mempermudah pembelajaran

   Jika pada zaman dulu media pembelajaran hanya berupa buku dan surat kabar dengan jangkauan terbatas namun saat ini sudah ada internet yang memberi kebebasan bagi para pengguna belajar segala hal. Berbagai macam situs sudah tersedia dan akan terus bertambah sebagai sarana saling bertukar ilmu pengetahuan. Terdapat pula fasilitas E-Book dan video yang berisi pembelajaran tertentu.

4. Hemat biaya

  Mengingat peran pentingnya di masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi juga akan memberi dampak positif dari segi biaya yang dikeluarkan. Contohnya bagi anda yang ingin menjual sesuatu tidak perlu membangun kios ataupun toko karena dengan memanfaatkan internet anda dapat membuat marketplace secara online dengan hanya modal data internet saja.

5. Meningkatkan produktivitas suatu pekerjaan

   Teknologi informasi dan komunikasi hampir selalu dipakai di segala bidang bahkan termasuk untuk menunjang berlangsungnya suatu pekerjaan atau bahkan meningkatkan produktivitas. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi tentunya menghadirkan produk – produk baru seperti chatting atau bahkan komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Perkembangan Bisnis Informatika

   Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang baik, bidang bisnis bisa merambah ke berbagai model usaha seperti misalnya adanya online shopping, online trading dan lain sebagainya. Para penjual dan pembeli semakin mudah untuk berkomunikasi dan melakukan transaksi dengan adanya bantuan transaksi melalui teknologi informasi dan komunikasi di Indonsia.
Wujud nyata dari penerapan teknologi informasi pada bidang bisnis adalah pada semakin banyaknya toko online yang menawarkan berbagai macam produk unggulan dan saling bersaing dengan menunjukkan keunggulan pelayanan dan lain sebagainya. Tanpa adanya sistem teknologi informasi, hal tersebut pasti tidak akan bisa terjadi.[1]

Profil Perusahaan Bisnis Informatika ( Electronic Arts)




   Untuk perusahaan yang bergerak di bidang informatika saya mengambil contoh adalah Electronic Arts Inc. Mungkin bagi para gamer sudah tidak asing mendengar nama ini, terlebih lagi dengan penikmat game besutan ea sports. Electronict Art atau yang lebih sering dikenal dengan EA adalah salah satu pelopor dalam dunia hiburan interakif digital. EA sendiri didirikan oleh Trip Hawkinds pada tahun 1982 dan sekarang menjadi salah satu perusahan game terbesar didunia.
   Perusahaan electronic art mengembuat dan mengembangkan game yang mampu digunakan di berbagai konsol. Banyak video games yang telah dirilis oleh perusahaan ini. Ada beberapa game rilisan EA yang mampu mendunia, seperti The Sims, FIFA, Battlefield, Need for Speed, Plants vs Zombies dan masih banyak lainnya. Bahkan diambil dari situs resminya pada tahun 2018 EA mampu memperoleh pendapatan bersih sebesar $ 5,15 miliar, jika dikonversikan ke rupiah itu sekitar 72 triliun rupiah. Saat ini EA sudah memiliki sekitar 300 juta pemain yang terdaftar di dunia.[5] Perusahaan yang berpusat di Redwood City, California ini memiliki jumlah karayawan sebanyak 9.300 karyawan diberbagai bidang.

Daftar Pustaka

[1] Bimo. Perkembangan Tekonologi Informasi di Indonesi. 
https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia
 [online] Diakses tanggal 9 Oktober 2019.
[2] Gu, Sarifah. "Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan Pengaran". [online]. 
https://www.kompasiana.com/sarifahgulakudo/59ed0bfca01dff1e385251e2/peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-untuk-pendidikan-dan-pengajaran?page=all. [online] Diakses tanggal 9 Oktober 2019.
[3] Hermawan. "Pengertian TIK Beserta Manfaat dan Sejarah Perkembangan TIK". [online]. https://www.nesabamedia.com/pengertian-tik/. Diakses tanggal 9 Oktober 2019.
[4] Nilakandi, Zuhroh. "Pengertian Bisnis Beserta Fungsi, Tujuan dan Jenis - jenis Bisnis Secara Lengkap". [online]. https://www.nesabamedia.com/pengertian-bisnis/. Diakses tanggal 14 Oktober 2019.
[5] Official Site of Electronic Art : https://www.ea.com/about.
[6] Umar, Husein. 2003. Business an Introduction. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java