Apa itu Digital Cinema ?

    Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai "Digital Cinema" atau yang sering dikenal "Cinema Digital". Dimana kita sudah sering sekali mendengar Digital Cinema tetapi kita tidak tahu "apa maksud dari digital cinema?" maka artikel ini akan memberi penjelasan mengenai Digital Cinema.
Hasil gambar untuk digital cinema

Pengertian Digital Cinema

      Digital Cinema atau Sinema Digital merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Selain itu digital cinema juga berkaitan dengan pembuatan film atau animasi dengan teknologi khusus. Biasanya hasil dari Cinema Digital berupa sebuah gambar bergerak atau yang sering kita kenal animasi. Digital Cinema menghasilkan film - film animasi serta effek 3D pada  suatu film, selain itu digital cinema juga mulai digunakkan dalam video klip musisi terkenal dunia, seperti pada video klip Coldplay - Adventure of A Lifetime

Coldplay - Adventure of a lifetime

Perbedaan Digital Cinema dan Conventional Cinema



     Sinema digital hanya berbeda dengan sinema konvensional dalam hal visualisasi dan suara. Visualisasi sinema digital sudah sangat jernih seperti anda melihat gambar bergerak di televisi, sementara sinema konvensional yang menggunakan media pita seluloid, memiliki struktur visualisasi berupa titik-titik. Untuk kualitas suara, sinema digital menggunakan sistem suara surround (biasanya Dolby Surround) dan kualitas suara sudah ditingkatkan. Sementara sinema konvensional, sudah menggunakan sistem suara surround, tetapi kualitas suara yang dihasilkan jauh berbeda dengan sinema digital.

Sejarah Digital Cinema

     Media digital pemutaran file 2K beresolusi tinggi memiliki setidaknya 20 tahun sejarah. Unit penyimpanan data video awal (RAID) dimasukkan ke sistem frame buffer custom dengan memory besar. Pada unit video digital awal, konten biasanya terbatas pada beberapa menit materi. Transfer konten antar lokasi terpencil pun lambat dan kapasitasnya terbatas. Baru pada akhir tahun 1990an, film berdurasi panjang bisa dikirim melalui "jaringan" (Internet atau jaringan khusus). Pada tanggal 23 Oktober 1998, teknologi proyektor Digital Light Processing (DLP) didemonstrasikan secara publik dengan merilis The Last Broadcast, film berdurasi panjang pertama, direkam, diedit dan didistribusikan secara digital. Dalam hubungannya dengan Texas Instruments, film tersebut didemonstrasikan di lima bioskop di seluruh Amerika Serikat (Philadelphia, Portland (Oregon), Minneapolis, Providence, dan Orlando).

Jenis Digital Cinema
  • Digital Cinema 2D
  • Digital Cinema 3D
  • Digital Cinema 4D
  • Digital Cinema 5D
    Untuk penjelasan mengenai Digital Cinema 2D, 3D, 4D dan 5D maka akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Sumber :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_cinema
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sinema_digital

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java