Sistem Pendinginan Komputer

    Banyak orang yang sering mengeluhkan masalah panas pada komputernya. Komputer yang merupakan  sebuah sistem dengan komponen - komponen tersebut pasti menimbulkan panas, maka suatu komputer membutuhkan suatu sistem pendingin yang berfugnsi untuk mendinginkan suhu pada komponen komputer agar tidak menimbulkan panas yang berlebih sehingga dapat merusak dan membakar komponen tersebut. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi panas pada sebuah komputer, diantaranya
Hasil gambar untuk heatsink
1. HeatsinkHeatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. jadi metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya teranggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepanansan.
Hasil gambar untuk heatsinkfan
2. Heatsink Fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
Hasil gambar untuk water cooling
3. Water Cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air)yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait prosesor dimotherboard, pompa air, dan radiator, biasanya metode ini digunakan untuk meng overclock cpu.
4. Kipas (Fan)Kipas merupakan sistem pendingin komputer yang paling umum ditemukan, biasanya terpasang di casing, prosesor atau VGA. Gunanya juga tergantung arah angin yang dihasilkan oleh kipas, ada yang untuk sirkulasi udara, ada yang mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak panas. Bentuk, harga dan ukuran dari kipas juga bermacam-macam tergantung merek dan fungsinya. Kamu bisa menggunakan SpeedFan untuk mengetahui kinerja fan kamu dan berapa suhu yang dihasilkan.
5.TEC (Thermoelectric Cooler)
Pendingin ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga akan tercipta sisi yang dingin dan yang panas. Pada sistem pendingin ini bisa membuat sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku air.

  Dalam pemilihan sistem pendingin kita dapat menyesuaikan dengan keadaan kita dan keadaan komputer. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula sistem pendingin komputer. Dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa sistem pendinginan komputer sangat penting bagi kesehatan komputer kita.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendinginan_komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java