Apa itu Autodesk Maya ?
Kali ini saya akan menjelaskan aplikasi digital cinema berbasis dekstop, yaitu Autodesk Maya. Autodesk Maya meruapakan sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Autodesk Maya pernah di gunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin, salah satu film animasi buatan Negara Malaysia yang cukup terkenal di Indonesia. Untuk lebih detailnya akan saya jelaskan pada artikel ini.
Sejarah Singkat Autodesk Maya
Sejarah Singkat Autodesk Maya
Maya awalnya produk anmasi generasi berdasarkan kode dari Advanced Visualizer oleh Wavefront Technologies , Power Animator oleh Alis Research dan Alias Sketch . Walt Disney Feature Animation bekerjasama erat dengan pembangunan Maya selama produksi dari Dinosaur. Disney meminta agar User interface dari aplikasi akan disesuaikan sehingga alur kerja pribadi dapat dibuat. Ini adalah pengaruh tertentu dalam arsitektur terbuka Maya, dan sebagian bertanggung jawab untuk itu menjadi begitu populer di industri.
Maya dimulai dengan Tcl sebagai bahasa scripting, dalam rangka untuk meningkatkan kesamaannya dengan bahasa shell Unix. Tapi setelah merger dengan Wavefront, Sophia, bahasa scripting di Wavefront yang Dynamation, terpilih sebagai dasar MEL (bahasa Maya tertanam).
Maya 1.0 dirilis pada bulan Februari 1998. Setelah serangkaian akuisisi, Maya dibeli oleh Autodesk pada tahun 2005. Di bawah nama perusahaan induk baru, Maya berganti nama Autodesk Maya. Namun, nama “Maya” terus menjadi nama yang dominan digunakan untuk produk.
Fitur pada Autodesk Maya
- Fluid Effects
Ditamabahkan ke dalam Maya 4.5 yauitu sebuah simulator cairan yang realistis yag efektif untuk pembuatan asap, api, awan dan ledakan
- Clasisic Clot
Simulasi kain untuk secara otomatis mensimulasikan pakaian dan kain bergerak realistis melalui karakter animasi. Toolset Kain Maya telah ditingkatkan di setiap versi Maya dirilis setelah Spider-Man 2. Alias bekerja dengan Sony Pictures ImageWorks untuk mendapatkan Kain Maya sampai dengan awal untuk produksi itu, dan semua perubahan yang telah dilaksanakan, meskipun studio besar memilih untuk menggunakan plugin pihak ketiga seperti Syflex.
- Fur
Hewan yang mirip dengan rambut di simulasikan oleh Maya. Hal ini dapat digunakan untuk mensimulasikan lainnya bulu-seperti objek, seperti rumput
- nHair
Sebuah simulator untuk realistis tampak rambut manusia yang diimplementasikan dengan menggunakan kurva dan Efek Cat. Ini juga dikenal sebagai kurva dinamis.
- Maya Live
Satu set alat pelacakan gerak untuk CG cocok untuk membersihkan plate footage.
- nCloth
Ditambahkan dalam versi 8,5, nCloth adalah implementasi pertama dari Inti Maya, kerangka simulasi Autodesk. Ini memberikan kontrol artis lanjut dari kain dan simulasi materi.
- nParticiple
Ditambahkan dalam versi 2009, nParticle merupakan addendum toolset Inti Maya. ini adalah untuk mensimulasikan berbagai efek 3D yang kompleks, termasuk cairan, asap awan, semprot, dan debu.
- MatchMover
Ditambahkan ke Maya 2010, hal ini memungkinkan composite elemen CGI dengan data gerakan dari urutan video dan film.
- Composite
Ditambahkan ke Maya 2010, ini sebelumnya dijual sebagai Autodesk Toxik.
- Camera Sequencer
Ditambahkan ke Maya 2011, Sequencer Kamera digunakan untuk gambar tata letak kamera ganda dan mengatur mereka dalam satu urutan animasi.
Kelebihan Autodesk Maya
Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom
dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi
masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan
fleksibilitas. Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya
seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam
menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat
objek terlihat lebih realistis.
Kekurangan Autodesk Maya
Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat yang sempurna untuk
kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung beberapa kelemahan yang
Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang
berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak
membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke
atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda
membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka
untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin
membingungkan beberapa pengguna pertama kali.
Tampilan Autodesk Maya
Sumber :
- https://en.wikipedia.org/wiki/Autodesk_Maya
Komentar
Posting Komentar