Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby

     Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bahasa pemrograma ruby. Diharapkan artikel ini dapat bermafaat bagi orang lain. Berikut adalah penjelasannya.
Hasil gambar untuk ruby programming language

Sejarah Ruby
    Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa skripting yang memiliki kemampuan orientasi objek. Pada saat itu pemrograman berorientasi objek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman objek. Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengontribusikan perkembangan Ruby. Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia. Bulan Agustus tahun 2006, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard telah diluncurkan bulan Oktober 2007.
Kelebihan Ruby
  • Sintaks sederhana.
  • Memiliki exception handling yang baik.
  • Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek.
  • Mengusung konsep single inheritance.
  • Open source, siapa saja dapat menggunakannya dengan cuma-cuma dan dapat ikut berpartisipasi mengembangkannya.
  • Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori.

Sistem Operasi yang Didukung
  • Linux
  • Microsoft Windows

  • MacOS X v10.5 Leopard
  • BeOS
  • OS/2
  • Unix
  • Amiga
  • MorphOS
  • Acorn RISC OS
  • Syllable
  • Symbian OS

Program Sederhana Ruby
Listing 

puts "Program Jam Pasir 2";
puts "==================="
print "Masukkan Tinggi Segitiga : "
t = gets.to_i

for j in 1..t do
for a in 1..j do
print " "
end
for b in j..t do
print "* "
end
puts
end
for i in 1..t do
for x in i+1..t do
print " "
end
for y in 1..i+1 do
if i==t
break
else
print "* "
end
end
puts
end

Output


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java