Dampak Film Animasi 2D, 3D, 4D Terhadap Masyarakat
Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. Film animasi merupakan hasil dari sebuah teknologi Digital Cinema. Dimana tekonologi Digital Cinema menciptakan sebuat film animasi yang berbeda dengan film konvensional. Tentu setiap hal baru selalu memberikan dampak baru terhadap masyarakat. Berikut ini adalah dampak film animasi terhadap masyarakat.
Dampak Positif
Film animasi Animasi Sebagai
Media Pertukaran Budaya
Melalui film animasi
banyak hal yang bisa kita ambil dan pelajari tentang budaya. Baik itu budaya
masyarakat disekitar kita ataupun budaya luar yang sama sekali asing buat kita.
Film animasi juga dilihat sebagai media sosialisasi dan media publikasi budaya
yang ampuh dan persuasif. Ingat film animasi merupakan cerminan budaya,
dimasyarakat pada waktu/zaman tertentu.
Film animasi Sebagai
Sarana Hiburan Masyarakat
Salah satu kelebihan film
animasi yang tidak terbantahkan adalah, kemampuan film animasi dalam
menyuguhkan video dan audio yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan
masyarakat melalui televisi. Saat ini masyarakat sangat bergantung pada media
televisi. Dimana segala hiburan mudah di dapat dan di akses pada televisi. Dan film
animasi tetap menjadi bagian utama dari produk yang ditampilkan/disodorkan
televisi.
Film animasi Sebagai
Penyampai Pesan Dan Kemampuan Mempegaruhi Audiens
Film animasi selalu
memiliki makna dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens/masyarakat.
Pesan yang disampaikan pun tentunya berbeda tergantung pada persepsi audiens
sebagai penerima pesan. Dengan adanya peran dari tokoh dan intrik yang dilakoni
aktor/artis pada film animasi, ampu mempengaruhi audiensnya untuk mengikuti
atau justru melakukan hal yang sama, terutama pada anak yang mengkonsumsi film
animasi tersebut. Apabila film animasi tersebut sarat dengan pesan baik,
tentunya mampu mengubah sikap dan perilaku audiensnya pada hal yang positif.
Begitu pula sebaliknya.
Film animasi Memberi Kesan yang Lebih Menyenangkan
Film animasi 3D maupun 4D
memberikan kesan tersendiri bagi para penontonnya. Dengan teknologinya film
animasi 3D dan 4D mampu memberikan kesan lebih nyata. Film animasi 3D atau 4D
membuat penonton merasakan apa yang di rasakan seperti pada film tersebut.
Dampak Negatif
Meningkatnya Agresifitas Anak
Tontonan kartun luar yang banyak menampilkan kekerasan, omongan
yang kasar, tampilan yang merendahkan orang lain dan tidak senonoh sangat
berpengaruh pada agresifitas anak.
Konten Seks
Konten sek (Baik itu pornografi ataupun porno aksi) pada film
animasi sangat berdampak negatif (pada perilaku dan mental) masyarakat.
Terutama pada anak dan remaja yang rasa ingin tahunya sangat tinggi.
Membutuhkan Waktu Khusus
Selain kelebihannya dalam menampilkan video dan audio, ini juga
menjadi faktor kekurangan dan berdampak negatif. Dibutuhkannya waktu khusus
untuk mengkonsumsi film animasi. Dan ini juga berdampak negatif pada anak anak,
dengan banyaknya tayangan kartun pada televisi saat ini, sehingga berkurangnya
waktu anak belajar dan bermain bersama teman temannya.
Hilangnya Nilai Budaya lokal
Saat ini banyak film animasi luar yang dikonsumsi oleh
masyarakat. Dan merubah pola fikir masyarakat bahwa budaya yang luar yang
mereka lihat/konsumsi (yang sama sekali aneh atau justru salah) dianggap baik
dan patut ditiru. Belum lagi film animasi Indonesia (film animasi layar
lebar,sinetron dan Ftv) yang “selalu” menyajikan budaya satu daerah, sehingga
mempengaruhi dan hilangnya nilai budaya pada masyarakat lokal.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
Komentar
Posting Komentar