Percabangan pada Java

    Percabangan adalah suatu pilihan atau opsi dengan kondisi tertentu. Jika kondisi yang menjadi syarat terpenuhi, maka opsi atau pilihan dijalankan, jika tidak maka sebaliknya. Pada java percabangan ada 4 jenis yaitu if, if-else, if-else if - else dan switch case.

1.  IF 
     Percabangan if  digunakan jika kita hanya memiliki hanya satu kondisi. Sehingga apabila statement tidak sesuai dengan kondisi maka program akan keluar. 
Bentuk Umum :
if(kondisi){
pernyataan
2. IF ELSE
    Percabangan ini digunakan apabila memiliki dua  kondisi dimana apabila statement tidak sesuai dengan kondisi IF maka program akan menjalan statement pada kondisi else. 
Bentuk Umum :
if(kondisi){
pernyataan1
}else{
pernyataan2
}
3. IF ELSE IF
    Percabangan ini hampir mirip dengan percabanga IF ELSE hanya saja pada percabangan ini memiliki lebih dari 2 kondisi.
Bentuk Umum :
if(kondisi){
pernyataan1
}elseif(kondisi2){
pernyataan2
}else(kondisi3){
pernyataan3
else {
penyataan4

  4. Switch Case
       Percabangan yang digunakan saat kita memiliki banyak kondisi (lebih dari 2) dan banyak pernyataan (ledbih dari 2). Sebenarnya switch-case ini hampir sama dengan else if, hanya saja sintaksnya yang berbeda.
Bentuk Umum :
switch (variabel) { 
case nilai1: pernyataan1; 
break; 
case nilai2: pernyataan2; 
break; 
default: pernyataan3; 
}

Contoh Program

import javax.swing.JOptionPane;
public class angka1 {
public static void main(String[] args) {
 String input = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Angka 1-10 ");
        int hasil = Integer.parseInt(input);
        if(hasil==1){
           JOptionPane.showMessageDialog(null, "Satu");
        }else if(hasil==2){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Dua");
        }else if(hasil==3){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Tiga");
        }else if(hasil==4){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Empat");
        }else if (hasil==5){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Lima");
        }else if(hasil==6){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Enam");
        }else if(hasil==7){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Tujuh");
        }else if(hasil==8){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Delapan");
        }else if(hasil==9){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Sembilan");    
        }else if(hasil==10){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Sepuluh");
        }else{
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Invalid Number");
        }
}
}

Output
 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java