Cara Menghilangkan Karat pada Logam

    Gambar terkait
 Kali ini saya akan membahas mengenai cara menghilangkan karat pada logam. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Karat menyebabkan logam menjadi lapuk dan keropos sehinga logam tidak bisa digunakan. Berikut adalah tips mengatasi karat.

1. Rendam di dalam cuka. 
    Asam rumah tangga tidak beracun ini di antara sejumlah aplikasi rumah tangga yang mampu mengatasi karat. Cukup tenggelamkan bahan berkarat di dalam cuka semalaman, kemudian kikis karat di pagi hari.

  • Lebih baik menggunakan cuka sari apel dibandingkan cuka putih. Meskipun cuka putih juga dapat digunakan, ia tidak seefektif cuka sari apel.
  • Meskipun cuka efektif, ia relatif ringan. Anda mungkin perlu merendam barang tersebut lebih lama dari hanya semalam; rendam dalam sehari mungkin lebih baik. Setelah mengangkat barang berkarat dari cuka, celupkan penggosok aluminium foil ke dalam cuka dan gosok barang tersebut dan hilangkan karat dengan mudah.
2. Gunakan lemon atau jeruk nipis. 
    Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

3. Gunakan fosfat atau asam klorida. Asam fosfat dan klorida adalah barang rumah tangga biasa yang murah dan sangat baik untuk mengatasi karat. Di sinilah Anda dapat menemukan bahan tersebut, dan cara menggunakannya:
  • Asam fosfat sebenarnya adalah "konverter" karat karena ia merubah oksida besi (atau karat) menjadi fosfat besi, sebuah lapisan hitam. Rendam bahan berkarat dalam asam fosfat dan biarkan semalaman. Kemudian biarkan kering. Kikis bersih besi fosfat setelah permukaan kering. Asam fosfat dapat diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan molase.
  • Asam klorida sering digunakan dalam industri baja untuk "mengawetkan" baja dengan cara menghilangkan karat atau kerak air. Asam klorida dapat ditemukan di beberapa bahan pembersih rumah, kebanyakan pada pembersih kakus toilet.
  • Asam klorida terus bekerja, bahkan setelah Anda membilas dan mengeringkannya. Uapnya bisa memengaruhi benda dengan lapisan metal lainnya yang ada di ruangan yang sama, serta mengubah warna benda tersebut. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan memanaskan benda yang sudah diberi asam klorida dalam oven atau di atas nyala api. Anda juga bisa menggunakan pasta kapur penetral, atau lim.
4. Gunakan kentang. 
   Asam oksalat yang terkandung pada kentang membantu menghilangkan penumpukan karat. Metode ini sangat berguna untuk benda kecil yang berkarat, seperti pisau. Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat:
  • Cukup menusuk pisau masuk ke dalam kentang dan biarkan selama sehari atau semalam. (Hati-hati saat menusuk kentang). Angkat pisau dari kentang dan gosok bersih karat.
  • Iris kentang menjadi dua bagian, lapisi bagian dalam dengan soda kue secukupnya, dan gosoklah dengan kuat permukaan berkarat dengan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasif, seperti sabut baja.
5. Hapus karat dengan minuman soda kola. 
    Tempatkan barang berkarat di dalam gelas atau tempat lebih besar yang terisi minuman kola. Biarkan terendam atau cukup dicelupkan saja. Periksa setiap setengah jam untuk memeriksa hasilnya. Kola seharusnya mampu bekerja dengan baik.

6. Membuat pasta soda kue. 
  Campur soda kue dan air untuk membentuk pasta yang sedikit lebih tebal dari pasta gigi.Campuran ini akan memerlukan sedikit lebih banyak soda kue dibandingkan air. Setelah pasta dicampur, oleskan pada barang berkarat dan mulai menggosok dengan benda kasar, seperti sabut baja atau sikat gigi. Bersihkan dan periksa barang tersebut.
  • Anda mungkin perlu berulang kali menggunakan pasta untuk memperoleh hasilnya, namun tindakan ini akan membuahkan hasil.
   Itulah cara menghilangkan karat pada logam, semoga cara ini dapat membantu anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java