Game Theory | Centipede Game


Permainan Lipan (Centipede Game): permainan ini merupakan jenis ekstensif dimana dua pemain secara bergantian mendapatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan yang lebih besar secara perlahan. Permainan lipan sifatnya sekuensial (berurutan) dimana pemain bergerak satu per satu seperti bermain catur, bukan bersamaan seperti dalam lelang. Setiap pemainpun mengetahui strategi yang dipilih oleh pemain lainnya. Permainan ini berakhir hingga salah satu pemain mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada lawannya.
Sebagai contoh, misalkan terdapat dua orang pemain yaitu Pemain C dan T. Pemain C mendapatkan kesempatan melangkah pertama untuk melakukan aksi  menekan tombol “TAKE” atau “PASS” yang saat ini jumlah simpanannya masing-masing adalah 2. Jika Pemain C melakukan aksi “TAKE”, maka Pemain C dan T akan mendapatkan masing-masing nilai 1, tetapi jika Pemain C menekan tombol “PASS”, maka permainan berikutnya diambil alih oleh Pemain T. Lanjutannya, jika Pemain T mengambil posisi “TAKE”, dia akan mendapatkan nilai 3 (akumulasi simpanan sebelumnya, 2 + 1) dan Pemain C mendapatkan 0. Tetapi jika Pemain T menekan tombol “PASS”, maka permainan berikutnya diambil oleh Pemain C, dan seterusnya. Jika kedua pemain selalu memilih untuk “PASS”, masing-masing akan mendapatkan nilai 100 di akhir permainan.
Inti dari permainan ini adalah, jika Pemain C dan T selalu bekerja sama melakukan aksi “PASS” hingga akhir permainan, masing-masing akan mendapatkan imbalan sebesar 100. Tetapi jika mereka tidak mempercayai lawannya dan melakukan aksi “TAKE” pada kesempatan pertama, maka menurut Hukum Ekuilibrium Nash, pemain akan mengambil klaim serendah mungkin yaitu 1. Dalam sebuah eksperiman yang dilakukan oleh para ahli, hasil menunjukan bahwa perilaku “rasional” seperti ini sangat jarang ditemui dalam kehidupan nyata. Hal tersebut tidak mengejukan mengingat secara intuisi sekecil apapun imbalan yang diperoleh akan berdampak pada hasil akhirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java