Game Theory | Kompetisi Cournot
Kompetisi Cournot (Cournot Competition): Model ini juga secara konseptual mirip dengan Dilema Narapidana, yang namanya diambil dari penemunya yaitu Augustin Cournot pada tahun 1838. Penerapan model Cournot umumnya digunakan pada ilmu ekonomi dalam mendeskripsikan pasar duopoli. Pasar duopoli yaitu pasar di mana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Matriks Imbalan Cournot |
Pemain T
| ||
Skala kecil | Skala besar | ||
Pemain C | Skala kecil | (a) 4,4 | (b) 0,7 |
Skala besar | (b) 7,0 | (d) 2,2 |
Contohnya: Terdapat dua perusahaan, Perusahaan C dan T yang menghasilkan produk identik dan bisa menghasilkan produk dalam jumlah besar maupun jumlah kecil. Jika kedua perusahaan bekerja sama dan sepakat untuk berproduksi skala kecil, maka persediaan barang di pasaran akan sedikit sehingga kedua perusahaan bisa mematok harga tinggi dan mengambil keuntungan yang besar. Di sisi lain adalah jika kedua perusahaan memilih untuk memproduksi barang dalam skala besar, akibatnya barang yang beredar sangat banyak dipasaran, dan harga produkpun akan menjadi rendah sehingga kedua perusahaan mempunyai keuntungan yang sedikit. Kondisi lainnya adalah, ketika perusahaan C tetap memproduksi produk dalam skala kecil dan perusahaan T memproduksi produk dalam skala besar. Yang mungkin terjadi adalah, perusahaan T akan sangat diuntungkan, lebih besar keuntungannya daripada saat kedua perusahaan melakukan kesepakatan. Sedangkan untuk perusahaan C, mendapatkan hasil impas (Break Event Point/ BEP) saja sudah lebih baik daripada harus sampai gulung tikar.
Komentar
Posting Komentar