Game Theory | Deadlock

Deadlock: Permainan ini termasuk jenis skenario dilema sosial. Seperti halnya dilema narapidana, kedua pemain bisa memilih bekerja sama atau tidak bekerja sama. Dalam deadlock, jika kedua pemain bekerja sama, keduanya akan mendapatkan imbalan (payoff) sebesar 1, jika sebaliknya, keduanya akan mendapatkan imbalan sebesar 2. Jika Pemain 1 memilih bekerja sama dan Pemain 2 memilih berkhianat, maka Pemain 1 akan mendapatkan imbalan 0 dan Pemain 2 akan mendapatkan poin 3.
Matriks Imbalan Deadlock
Pemain 2
Kerja samaBerkhianat
 Pemain 1Kerja sama(a) 1,1(b) 0,3
Berkhianat(b) 3,0(d) 2,2
Perbedaan deadlock dengan dilema narapidana adalah tindakan saling menguntungkan yang terbesar adalah ketika kedua pemain saling berkhianat, dan itu menjadi strategi yang dominan. Strategi dominan adalah strategi yang menghasilkan imbalan tertinggi dari strategi yang tersedia, terlepas dari strategi yang digunakan oleh pemain lainnya atau tidak.
Contoh umum permainan deadlock adalah perang nuklir, dua kekuatan (negara) berusaha mencapai kesepakatan untuk menghapus persenjataan nuklir yang mereka punya. Dalam contoh ini, kerja sama artinya mengikuti kesepakatan, sementara pengkhianatan artinya secara diam-diam mengingkari kesepakatan dan mempertahankan persenjataan nuklirnya. Hasil terbaik untuk kedua negara adalah ketika mereka saling membelot dan mempertahankan opsi untuk menyimpan senjata nuklirnya, karena hal itu lebih baik daripada jika memberikan kesempatan kekuatan lain untuk curang dan melempar nuklir ke negaranya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fixed Point dan Floating Point pada ALU

Pengenalan Teknologi Game dan Artificial Intelligence pada Game || Pengantar Teknologi Game || Tugas I

Program Deret Geometri Java