Game Theory | (Dua pemain-Jumlah Nol)
Penjelasan Theory
Teori permainan yang mula-mula dikembangkan oleh ilmuan Prancis bernama Emile
Borel ini, secara umum digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
tindakan sebuah unit bisnis (misalnya) untuk memenangkan persaingan dalam usaha yang
digelutinya. Seperti diketahui, bahwa dalam praktek sehari-hari, setiap unit usaha atau
organisasi pada umumnya harus berhadapan dengan para pesaing. Untuk memenangkan
persaingan itulah, diperlukan analisis dan pemilihan strategi pemasaran tepat, khususnya
strategi bersaing yang paling optimal bagi unit usaha atau organisasi yang bersangkutan.
Ketentuan-ketentuan Dasar dalam Teori Permainan
Dari contoh tabel matrik pay off (matrik permainan) di atas, dapat dijelaskan beberapa
ketentuan dasar yang terpenting dalam teori permainan, yakni :
- Nilai-nilai yang ada dalam tabel tersebut (yakni angka 1, 9, 2 di baris pertama dan 8, 5, 4 di baris kedua), merupakan hasil yang diperoleh dari penggunaan berbagai strategi yang dipilih oleh kedua perusahaan. Satuan nilai tersebut merupakan efektifitas yang dapat berupa uang, persentase pangsa pasar, jumlah pelanggan dan sejenisnya. Nilai positif menunjukkan keuntungan bagi pemain baris dan kerugian bagi pemain kolom, begitu pula sebaliknya nilai negatif menunjukkan kerugian bagi pemain baris dan keuntungan bagi pemain kolom. Sebagai contoh nilai 9 pada sel C12 menunjukkan apabila pemain/perusahaan A menggunakan strategi harga murah (S1) dan perusahaan B meresponnya dengan strategi harga sedang (S2), maka perusahaan A akan mendapatkan keuntungan sebesar 9 yang berarti perusahaan B akan mengalami kerugian sebesar 9.
- Suatu strategi dari sebuah pemain/perusahaan dianggap tidak dapat dirusak oleh perusahaan lainnya.
- Setiap pemain/perusahaan akan memilih strategi-strategi tersebut secara terus menerus selama perusahaan masih memiliki keinginan melanjutkan usahanya.
- Suatu permainan/persaingan dikatakan adil atau ‘fair’ apabila hasil akhir permainan atau persaingan menghasilkan nilai nol (0), atau tidak ada pemain atau perusahaan yang menang/kalah atau mendapat keuntungan/kerugian.
- Suatu strategi dikatakan dominan terhadap strategi lainnya apabila memiliki nilai pay off yang lebih baik dari strategi lainnya. Maksudnya, bagi pemain/perusahaan baris, nilai positif (keuntungan) yang diperoleh dari suatu strategi yang digunakan, menghasilkan nilai positif yang lebih besar dari hasil penggunaan strategi lainnya. Bagi pemain kolom, nilai negatif (kerugaian) yang diperoleh dari suatu strategi yang digunakan, menghasilkan nilai negatif yang lebih kecil dari hasil penggunaan strategi lainnya.
- Tujuan dari teori permainan ini adalah mengidentifikasi strategi yang paling optimal untuk setiap perusahaan.
Komentar
Posting Komentar